in

Hanya Dengan KTP! Link Daftar Online BLT UMKM Rp 2,4 Juta Bulan Desember 2020

BLT UMKM – Pendaftaran BLT UMKM sekarang masih bisa dilakukan bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang masih belum dapat bantuan presiden (banpres) senilai Rp 2,4 juta rupiah.

Untuk tahap pertama realisasi BLT UMKM mencapai hampir 100 % dengan total dana yang disalurkan Rp 21, 861 Triliun, setara dengan 99,41 %.

Dan penyaluran tahap berikutnya di targetkan untuk 3 juta pelaku usaha mikro hingga akhir tahun 2020 sehingga program ini bisa menjangkau 12 juta pelaku usaha mikro.

Menurut Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, bagi yang belum mendapatkan BLT, ia mengimbau mendaftarkan diri ke dinas koperasi dan UMKM setempat atau lembaga pengusul lainnya termasuk koperasi.

Pendaftaran di masing-masing dinas koperasi dan UMKM bisa dilakukan secara online atau dengan datang langsung ke kantor dinas pada jam kerja.

Cara Daftar BLT UMKM

Untuk UMKM yang berada di wilayah Yogyakarta, bisa melakukan pendaftaran online melalui situs web https://sibakuljogja.jogjaprov.go.id/ dan mengisi data UMKM yang terdampak Covid-19.

Pendaftaran juga masih dibuka bagi pelaku UMKM yang berada di kota Malang. Pemerintah Kota Malang meminta pelaku UMKM di wilayahnya untuk segera mendaftarkan usaha mereka dalam program Banpres Produktif.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Malang Wahyu Setianto mengatakan bahwa pendaftaran peserta Banpres Produktif Usaha Mikro tersebut, diperpanjang hingga 30 November 2020.

“Pendaftaran masih panjang, hingga 30 November 2020,” kata Wahyu, di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (15/10/2020), seperti dikutip Antara News.

Wahyu menjelaskan pada tahap pertama terdapat kurang lebih sebanyak 8.000 UMKM di Kota Malang yang telah mendaftarkan diri secara mandiri maupun melalui Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Malang.

Sementara untuk penambahan peserta Banpres Produktif Usaha Mikro tersebut pada masa perpanjangan hingga 30 November 2020, lanjut Wahyu, diharapkan ada lebih dari 1.000 UMKM di Kota Malang, yang bisa mendaftar.

“Target pusat memang belum terpenuhi, maka kalau bisa di Kota Malang lebih dari seribu kuota yang didapatkan,” tambah Wahyu.

Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan mengharapkan UMKM yang belum mendapatkan bantuan untuk segera mendaftarkan diri. Karena bantuan yang diberikan tersebut bertujuan untuk menghidupkan kembali sektor UMKM di tengah pandemi COVID-19.

Bantuan tersebut dikhususkan bagi pelaku UMKM yang belum tersentuh bantuan dari perbankan. Pemerintah menargetkan bantuan tersebut bisa disalurkan kepada 12 juta pelaku UMKM di seluruh Indonesia hingga akhir tahun.

Menurut Dinkop UMKM Jateng, efek BLT UMKM ini membuat pendaftaran izin usaha sebagai salah satu syarat pengajuan banpres meningkat. Hingga 13 Oktober 2020, sebanyak 19 UMKM berkonsultasi untuk pendaftaran izin usaha baik melalui offline maupun online.

Izin usaha juga digunakan sebagai syarat mengajukan izin edar, sebagai syarat pelaku usaha menjadi binaan pemerintah, dan sebagai identitas usaha.

Pelaku usaha bisa datang langsung ke kantor Dinkop Jateng di Jl Setiabudi no 192 Banyumanik Semarang atau bisa juga melalui online dengan menghubungi nomor 081333732006 (admin).

Halaman: 1 2

Berikut Daftar Nama Penerima BLT UMKM 2.4 Juta, Segera Cek Nama Anda Disini!

budaya jepang

Budaya Jepang yang Terkenal dan Wajib Diketahui Wisatawan