in

Cara Mendapatkan Bansos PKH Supaya Bisa Cair Tiap Bulan

Cara daftar bansos program keluarga harapan (PKH) sangatlah mudah apabila sudah memenuhi syarat dan ketentuan bisa langsung daftar untuk melakukan verifikasi.

Program PKH ini di gagas oleh Kemensos guna menanggulangi kemiskinan yang ada di pelosok desa maupun kota seluruh Indonesia.

Program Bansos PKH ini sudah lama ada bahkan sejak tahun 2007 pemeringtah Indonesia telah menyenggarakan Program PKH hingga saat ini masih terus berlangsung.

Program Perlindungan Sosial yang juga dikenal didunia internasional dengan istilah Conditional Cash Transfers (CCT) ini terbukti cukup berhasil dalam menanggulangi kemiskinan yang dihadapi di negara-negara tersebut, terutama masalah kemiskinan kronis.

Sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka.

Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) telah menggelontorkan anggaran Rp28,71 triliun. Bansos itu telah diperpanjang penyalurannya hingga 2021 dengan kuota 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Berikut adalah kriteria yang berhak mendapatkan bansos PKH :

1. Kriteria Komponen Kesehatan

Terdiri dari Ibu hamil dan anak usia 0 sampai dengan 6 tahun.

2. Kriteria Komponen Pendidikan

Terdiri dari anak Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), atau sederajat, anak Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (Mts), atau sederajat, dan anak Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah, atau sederajat serta anak usia 6-21 tahun yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun.

3. Kriteria Komponen Kesejahteraan Sosial

Terdiri dari penduduk lanjut usia mulai 60 tahun ke atas dan penyandang disabilitas diutamakan penyandang disabilitas berat.

Adapun besar nya bansos PKH beragam tergantung kriteria nya sebagai berikut :

1. Kategori Ibu Hamil/Nifas diberikan bantuan sebesar Rp. 250.000 per bulan, sedangkan kategori Anak Usia Dini 0 s.d. 6 Tahun sebesar Rp. 250.000 per bulan.

2. Kategori Pendidikan Anak SD/Sederajat sebesar 75.000 dan kategori Pendidikan Anak SMP/Sederajat sebesar Rp. 125.000 per bulan.

3. Kategori Pendidikan Anak SMA/Sederajat Rp. 166.000 dan Kategori Penyandang Disabilitas berat sebesar Rp. 200.000, dan yang terakhir kategori Lanjut Usia sebesar Rp. 200.000.

Halaman: 1 2

Hanya Pakai KTP Dapat Bansos BST PKH Rp 300 Ribu di Link dtks.kemensos.go.id

BLT UMKM Diperpanjang hingga 2021, Cek Syaratnya Disini