in

Cara Aktivasi SiRekap Melalui Telegram Dijamin Berhasil

Cara aktivasi sirekap lewat telegram
Photo: U-Report

Mutiara.net – Laman ini berisikan panduan cara aktivasi Sirekap lewat telegram dengan sangat gampang.

Seperti yang diketahui saat ini banyak yang merasa kesulitan cara daftar sirekap, dengan ulasan ini semoga bisa mempermudah Anda yang ingin aktivasi SiRekap.

Pada tanggal 9 Desember 2020 akan di adakan Pilkada serentak, yang itu artinya pesta demokrasi sudah di depan mata tinggal hitung hari saja.

Dan dari pihak KPU, sekarang telah memperkenalkan applikasi SiRekap, dimana applikasi ini bisa digunakan untuk merekap dan menginformasikan hasil perhitungan suara pemilu dengan cara realtime yang berbasis online.

Untuk setiap anggota yang terlibat dalam rekapitulasi sebelumnya diharuskan mengerti cara aktivasi applikasi sirekap. Dan tentunya, diantara banyak orang masih ada yang belum paham betul sehingga mereka merasa kesulitan untuk aktivasinya.

Jadi menimbulkan masalah seperti layaknya aktivasi gagal maupun error pada saat melakukan registrasi.

Tapi tenang saja, untuk sekarang ini aktivasi sirekap sekarang sudah bisa dilakukan melalui applikasi telegram yang sangat mudah digunakan.

Bagaimana Cara Aktivasi Applikasi Sirekap Melalui Telegram?

Sebenarnya proses aktivasi sirekap melalui bot telegram sangatlah mudah, asalkan sudah mengetahui nama bot telegram tersebut dan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara aktivasi sirekap melalui telegram:

  1. Masuk ke applikasi Telegram di Smartphone
  2. Di menu pencarian, ketik nama SirekapPilkada2020bot
  3. Apabila sudah ketemu silahkan pilih
  4. Tekan tombol start/mulai
  5. Silahkan isi form pendaftaran lalu klik kirim
  6. Ketik activation(spasi)NIK(spasi)NomorHP
  7. Kirim ke chat bot sirekap tadi
  8. Terakhir gunakan link yang diberikan untuk melakukan aktivasi

Langkah selanjutnya tinggal membuat password SiRekap yang mudah diingat agar nanti tidak kelupaan pada saat proses login.

Setelah itu silahkan login ke uma.sirekap.kpu.go.id menggunakan ID dan Password yang sudah dibuat sebelumnya.

Bagaimana kalau Bot Telegram tidak merespon?

Applikasi ini bisa dibilang masih baru, maka untuk proses aktivasi juga masih dalam tahap uji coba dan kadang juga bot telegram tidak bisa merespon perintah-perintah yang sudah di kirim.

Solusinya cuma satu, yaitu harus bersabar saja sampai bot telegram berjalan normal kembali.

Selain itu, jika ada muncul peringatan “Link Aktivasi Kombinasi Nik & Nomor Hp Tidak Ditemukan?” Bisa jadi No. NIK dan No. HP sudah berhasil di aktivasi, atau juga bisa karena penulisan NIK dan Nomor HP ada yang salah. Jadi coba cek dulu apakah sudah benar semua apa belum?

Apabila semuanya dirasa sudah benar, maka bisa di pastikan bahwa proses aktivasi sedang mengalami error atau data Anda tidak termasuk kedalam database.

Bagaimana Alur Kerja SiRekap?

Applikasi Sirekap ini berbeda alur kerja dari applikasi sejenis lainnya. Biasanya applikasi penghitung suara lain masih menggunakan sistem manual, yang mana bisa menyebabkan terjadinya kesalahan dan keterlambatan data.

Sementara untuk applikasi SiRekap ini sedang menggunakan sistem otomatis yang mana setiap petugas hanya perlu mengupload hasil foto dari formulir c1.

Halaman: 1 2

Soal dan Jawaban SBO TV 3 Desember 2020 SD Kelas 1-6

Filter IG Pilih Mana

Filter IG Pilih Mana Filter IG Pertanyaan Pilihan